Skip to main content

Sehat yang Sederhana

S-E-H-A-T? 

Sehat itu apa yaa? Sehat menurut versiku adalah keadaan dimana seseorang tidak sakit. Pasti bener kan ya? Orang sehat pasti tidak sakit, dan orang sakit pasti tidak sehat.

Baru-baru ini aku sendiri pun baru peduli tentang kesehatanku. Yaaa! Semenjak penyakit TBC yang pernah menyerang paru-paruku setahun yang lalu, saat aku berumur 18 tahun. Jangankan TBC yaa teman-teman, sakit kepala aja udah gak enak apalagi kalo harus sakit yang lain lainnya. Jangan deh yaa. Jauh jauh deh sakit yang tidak mengenakan itu. Hehe (Emang sakit gak enak semuanya ya). Bermula dari kabar diagnosa pertama kali oleh dokter, sepenuhnya kehidupan sehari-hariku mulai berubah. Dari yang bangunnya kesiangan jadi bangun pagi karena harus minum obat, kemudian makannya gak teratur jadi makan teratur dan lagi-lagi karena harus minum obat, yang tadinya makan makanan gak sehat jadi makan makanan 4 sehat 5 sempurna, begitu pun dengan kebiasaan buruk lainnya yang berubah jadi baik. Saat itu, aku cuma bisa nurut dengan kebiasaan yang harus dibiasakan secara paksa. Karena yang aku tahu penyakitku bukan penyakit yang biasa, perlu penanganan khusus dalam perawatannya untuk kembali sehat. Banyak pantangan, gak boleh capek gak boleh itu, gak boleh ini. Apa rasanya yaa? Aaaaa rasanya gak boleh kalian rasain rasa sakitnya!

Aku harus hidup sehat! Aku tidak mau untuk kesekian kalinya merasakan hal yang sama. Sehat adalah Masa Depan. Kalimat ini yang terus-terusan memotivasiku.

Sehat bisa menjadi mahal saat kita tidak tahu diri, begitupun sebaliknya. Daripada di hari nanti kita mendapatkan sehat yang mahal, tidak ada salahnya untuk mendapatkan sehat yang murah sekarang. Ini aku persembahkan rangkuman kegiatanku yang mulai dibiasakan semenjak penyakit itu menyerang sampai sekarang. Aku menamakannya kegiatan "Sehat yang Sederhana". Harap disimak dengan seksama. :D

Pertama, Bangun Pagi di jam 5!
Selalu dengan semangatnya mamahku atau alarmku membangunkan aku di jam 5. Kenapa? Biar gak telat sholat sih yaa terutama (wajib). Setelah itu biar gak ditinggalin sama udara segar di pagi hari. (Gak enak kan ya rasanya ditinggalin? *Eh salah fokus Hehe). Pada kenyataannya udara pagi itu udara yang paling baik untuk dihirup. Kenapa? Karena udaranya belum terkena polusi, atau bisa dibilang udara organik (udara alamiah yang belum kecampur sama zat zat kimia dan asap-asap yang berserakan dimanamana).

Kedua, Mandi Pagi!
Jangan kesiangan mandinya. Apa-apa yang ada di pagi hari itu punya banyak manfaat. Jangan terlalu manja untuk mandi dengan air hangat di pagi hari dengan beralasan karena air yang terlalu dingin. Ini loh manfaatnya mandi pagi dengan air dingin:


  • Meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh. 
  • Melancarkan Sirkulasi Darah. 
  • Mengurangi Tingkat Stres Pada Pikiran. 


Ketiga, Olahraga Pagi!
Tubuh juga butuh gerakan. Cukup luangkan beberapa jam untuk bergerak dan berolahraga. Contohnya melakukan jalan kaki mengitari ruangan, lari kecil, lari kencang sekitar 30menit masing-masing. Aku, baru-baru ini menambahkan kegiatanku dengan senam wellness dance.

Keempat, Bertemu dengan Tanaman!

Kelima, Minum air putih 8 gelas/hari!
Sadar gak sadar tubuh kita itu 90%nya air. Yaa, kenyataannya memang seperti itu. Tubuh kita membutuhkan cukup air untuk dapat melakukan pekerjaannya. Jangan sampe dehidrasi yaa!
Untuk yang baru membiasakan bisa menggunakan cara ini:

  • Minum 2 gelas air putih ketika bangun tidur
  • Minum segelas air putih sesudah sarapan 
  • Minum segelas air putih sebelum makan siang  
  • Minum segelas air putih sesudah makan siang
  •  Minum segelas air putih sebelum makan malam
  • Minum segelas air putih sesudah makan malam
  • Minum segelas air putih sebelum tidur 

Keenam, Minum Madu 2x sehari 2 sendok makan
Di rumah selalu tersedia madu. Aku minum di pagi hari setelah bangun tidur 2 sendok makan dan sebelum tidur 2 sendok makan. Tahukah kalian kalo madu itu obat yang paling baik?

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah An-Nahl ayat 69 :
“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 69]

Ketujuh, Makan 3x sehari 
Pasti kalian baru tahu kalo makan itu harus terjadwal dan teratur. Karena ada beberapa waktu yang tidak diperbolehkan untuk makan. Alasannya karena akan ada efek yang tidak baik untuk kesehatan apalagi kesehatannya si 'Lambung'. Hati-hati! Maag bisa menyerang kapan saja. Yuk mulai hari ini diterapin jadwal makannya, dari makan pagi (sarapan) di antara jam 7-9, makan siang di antara jam 12-14, makan malam di antara jam 18-19. Oh yaa. FYI, makan malam yang terlalu larut rawan loh penyakit-penyakit sesuatu menyerang! Hih serem kan yaa.

Kedelapan, Makanan Sehat (4 Sehat 5 Sempurna)!
Cukupi makanmu dengan makanan sehat, ada sayuran, ada protein (ikan, telur, dsb), ada karbohidrat sederhana, ada buah, dan susu.

Kesembilan, Sebelum Makan Cuci Tangan!
Harus banget yang namanya cuci tangan sebelum makan. Bakteri bisa disebarkan melalui apa saja, dari manusia dan benda-benda yang dimilikinya atau disekitarnya. Gamau kan cacing masuk ke perut?

Kesepuluh, Merawat diri!
Gimana sih merawat diri yang baik itu? Cukup memastikan semuanya bersih. Dari kamar pribadi, kemudian barang barang pribadi. Sudahkan terbiasa dengan kebersihan? Coba diingat-ingat.

Kesebelas, Mandi Sore! 
Mandi sore yang baik adalah di waktu 15.30-17.00. Mandi sore pun tidak boleh terlewatkan, karena tubuh kita butuh untuk kembali ‘Fresh’ sesudah melakukan segala aktifitas seharian.

Keduabelas, Tidur 6-7 jam sehari!
Kualitas tidur yang baik adalah saat tidur malammu sudah tercukupi. Taukah kalian? Saat kalian tertidur, tubuh sedang bekerja membersihkan toksin dari dalam tubuh mulai dari jam 21.00 sampai menjelang pagi.

Ketigabelas, Cuci kaki setiap masuk ke rumah!

Keempatbelas, Jangan terlalu lama dan sering bermain-main dengan gadget!
Ingat yaa, hape kita memiliki radiasi.

Kelimabelas, Berfikir Positif dan Selalu Tersenyum!
Saranku, silahkan coba lakukan percobaan di depan kaca/cermin, kemudian lihatlah perbedaan wajah saat tersenyum manis dan saat wajah kalian bersedih? Nikmati hasilnya. Kalian akan tertawa sendiri melihatnya. Hehe

Sekian, Sehat yang  Sederhana menurut versiku. 
Aku lakuin semuanya dengan rutin dan konsisten setiap harinya. Gak boleh engga dan gak boleh males. Jangan lupa untuk berdoa sebelumnya dan selalu ingat tujuan awalnya. Yuk! Jadi contoh yang baik untuk orang-orang sekitar, jadikan waktumu berkualitas. Dimulai dari dirimu sendiri. Aku Anis Sundari, as #HealthAgent








Comments

Popular posts from this blog

Klinik Hewan ini Bagus gak?

Baru sadar bahwa ... Faktanya, bukan hanya manusia, hewan juga perlu dokter yang cocok dalam pengecekan kesehatan atau pun di saat ia sedang sakit. Tidak bisa asal pilih atau sembarang ketemu "Ah disini aja deh kayanya bagus". Kucing, Anjing, Kelinci, dan sekawanannya samasama makhluk hidup. Butuh perlakuan baik untuk tumbuh dan berkembang dengan selayaknya, ada hak yang harus dipenuhi dari pemiliknya yang mengadopsi termasuk dalam memilihkan dokter untuk mereka. Dari pengalaman menyedihkan dari Toing, aku jadi lebih tau... 1. Cek ulasan di Google 2. Setelah OK, cek sosial medianya, cek bagaimana kelengkapan kliniknya, apakah memiliki alat untuk pemeriksaan lab. Riset online berbagai macam informasi dari akun tersebut, jika tidak ada? bisa kontak nomor yang tertera di Google tadi. Jika tidak ada juga? langsung saja datang ke kliniknya. 3. datangi dokter tersebut, lihat bagaimana dokter menjelaskan kondisi Pawkids/ANabul. Dokter yang tepat: - Ia bisa menjelaskan kondisi pet de

5 Hal yang harus dilakukan ketika berada di Luar Negeri

"Daripada nyesel, mending lakuin!" - Anissun Apa tuh? Bukan kesempatan sekali dua kali yang bisa diambil ketika mendapatkan tiket murah bahkan gratis untuk ke luar negeri, butuh effort yang lebih banyak untuk membuat kesempatan itu muncul kembali. Uang dan Waktu adalah investasi terbesar kita saat itu. Dua-duanya terasa sangat mahal, terlagi soal waktu yang gak bisa didapatkan lagi di kemudian hari.  Ya! gak semua orang punya kesempatan yang sama untuk lebih mudah bolak-balik ke luar negeri sesuka hati, terlebih aku yang bukan siapa-siapa. Daripada terlalu sibuk memikirkan bagaimana indahnya jalan-jalan dengan vibes yang berbeda. Lebih baik memikirkan tujuan apa yang bakal kamu raih disana.  Liburan terbaik menurutku bukan sekedar liburan yang membawa kesenangan saja. Namun, ada beberapa bagian yang bisa kita pelajari dan ambil hikmahnya terutama dari perbedaan budaya yang tentunya bertolak belakang dengan tempat asal kita. Anggap saja kamu sedang ikut kelas yang dikemas

Pagi itu, ada Aku yang mandiri

Pagi itu,  ada semilir angin yang menemani ada sekelompok dingin yang memeluki/bersamai ada bus kota yang ku naiki ada nenek dan kakek yang kadang kala menyapa dan menanyai kabarku Pagi itu, Sangat ku rindukan Meskipun rapuh Meskipun jatuh Ada banyak hal yang membuatku bangkit kembali Pagi itu, Kadang menyenangkan Kadang menjengkelkan Kadang pula menyedihkan Tapi dia selalu jadi kenangan perasaan yang selalu teringat Tentang Aku, Kehidupanku yang Mandiri, Novi Sad dan Orang-orang di dalamnya.