Skip to main content

5 Hal yang harus dilakukan ketika berada di Luar Negeri

"Daripada nyesel, mending lakuin!" - Anissun

Apa tuh?
Bukan kesempatan sekali dua kali yang bisa diambil ketika mendapatkan tiket murah bahkan gratis untuk ke luar negeri, butuh effort yang lebih banyak untuk membuat kesempatan itu muncul kembali. Uang dan Waktu adalah investasi terbesar kita saat itu. Dua-duanya terasa sangat mahal, terlagi soal waktu yang gak bisa didapatkan lagi di kemudian hari. 
Ya! gak semua orang punya kesempatan yang sama untuk lebih mudah bolak-balik ke luar negeri sesuka hati, terlebih aku yang bukan siapa-siapa.

Daripada terlalu sibuk memikirkan bagaimana indahnya jalan-jalan dengan vibes yang berbeda. Lebih baik memikirkan tujuan apa yang bakal kamu raih disana. 
Liburan terbaik menurutku bukan sekedar liburan yang membawa kesenangan saja. Namun, ada beberapa bagian yang bisa kita pelajari dan ambil hikmahnya terutama dari perbedaan budaya yang tentunya bertolak belakang dengan tempat asal kita.

Anggap saja kamu sedang ikut kelas yang dikemas dengan rasa dan suasana yang lebih asyik dengan gaya kamu sendiri. 
Bisa saja kan suatu saat? ilmu yang kita dapatkan saat itu menjadi bekal untuk kehidupan kita nanti (di hari esok ataupun masa depan). Atau bahkan jadi ide usaha dan lainnya yang gak terpikirkan sebelumnya. Ya kaya semacam dapat doorprize di tengah bombastisnya kegilaan orang-orang yang berusaha untuk mendapatkan hadiah gratisan. Lebay ya perumpamaannya? Hehe tapi seperti itulah kenyataannya. 

Intinya yang mau ku sampaikan adalah ...
kamu harus dapatin pengalaman seharga dengan apa yang kamu bayar dan usahakan selama ini... sebelum akhirnya bisa menginjakkan kaki di luar negeri.

So, daripada kamu menyesal ngelewatin hal-hal yang berharga. Mending kamu rinci apa aja yang menurut kamu penting untuk dilakuin.

Dan ini adalah daftar aktivitas penting menurut versiku versi Anissun:

1. Berkunjung ke masjid
Akan ada sensasi yang berbeda saat mengunjungi masjid apalagi di negara minoritas muslim. Akan ada rasa deg-deg bercampur dengan betapa nikmatnya ibadah dan bertemu Allah ketika itu. Dada sesak mengingat betapa dosanya diri ini dan betapa baiknya Allah yang selalu menyisipkan kebaikan untuk hidup kita.
Selain itu, kamu bisa menambah keluarga muslim yang bisa jadi saudara baru kamu. 

Saat di Serbia, adzan hanya terdengar dari dalam masjid dan pakaian sholat yang digunakan untuk perempuan hanya pakaian yang digunakan saat itu (baju tertutup dengan hijab).

2. Berkunjung ke desa dan berwisata dengan orang lokal
Kenapa harus ke desa?
Seperti halnya Jakarta, pusat kota, isinya sudah tercampur aduk dengan budaya lainnya. Meskipun, tidak menutupi kehadiran asal usul budaya mereka.

Gimana cara dapetin informasinya? Kamu bisa cek di Facebook, seringkali mereka membuat komunitasnya disana. Untuk di Serbia, ada grup bernama Nusantara yang suka bikin acara tour bareng. 

3. Mencoba makanan favorit dari suatu negara
Umumnya, budget pengeluaran lebih banyak disisihkan untuk keperluan makan dan transportasi. Tapi, gak mungkin juga kan kalau setiap hari hanya makan mie dan nasi sambal hasil bawaan dari Indonesia?
Sekali-kali, lebihkan sedikit untuk sehari mencoba beberapa makanan lokal. Lidah kita butuh kenal sama makanan yang gak cuma berasal dari gurihnya micin yang bikin ketagihan. Haha
Eits, tetap berpegang pada makanan yang halal biar perjalanan kita tetap jadi berkah.

4. Beli yang murah meriah dan bermanfaat 
Jadi waktu ke Istanbul, aku sempet ketemu sama satu toko sepatu yang unik dan lokal punya. Bahkan, ramai sama pengunjung. Yang menarik dari mereka adalah sepatunya yang diproduksi secara handmade dan super limited desainnya.
Dan yang ku sesali kenapa gak jadi beli haha padahal harganya kalau dikonversi cukup murah.

Kalau kalian ada yang tau tempat belinya dimana, kasih tau aku yaaa! Trims~

5. Berkunjung ke tempat-tempat umum 
Misal, ke Pasar Tradisionalnya! 
Karena waktu tinggal di Serbia, aku cukup takjub sih dengan tatanan tempat jualan yang rapih dan gak ada becek2an 😂🤣 kaya semacam pasar modern di Indonesia.
Bahkan, mungkin kamu bisa temuin buah-buah import di Indonesia dengan harga miring.
Aku paling suka sama stroberinya Serbia, udah gede, manis, murah lagi wkwk. Sepaket kaya 10rb aja.

Sebenarnya kalau aku niat ngerinciinnya secara mendetail, pasti daftar ini gak hanya berhenti di angka 5. Meskipun begitu, aku tetap berharap bahwa kisi-kisi di atas tetap berguna buat kamu yang punya rencana ke luar negeri di tahun 2023. 
Hati-hati di jalan yaaa! Dan persiapkan diri dengan matang.

Tangerang di Kamis malam Jum'at
29 Desember 2022
23:52 WIB

Comments

Popular posts from this blog

Klinik Hewan ini Bagus gak?

Baru sadar bahwa ... Faktanya, bukan hanya manusia, hewan juga perlu dokter yang cocok dalam pengecekan kesehatan atau pun di saat ia sedang sakit. Tidak bisa asal pilih atau sembarang ketemu "Ah disini aja deh kayanya bagus". Kucing, Anjing, Kelinci, dan sekawanannya samasama makhluk hidup. Butuh perlakuan baik untuk tumbuh dan berkembang dengan selayaknya, ada hak yang harus dipenuhi dari pemiliknya yang mengadopsi termasuk dalam memilihkan dokter untuk mereka. Dari pengalaman menyedihkan dari Toing, aku jadi lebih tau... 1. Cek ulasan di Google 2. Setelah OK, cek sosial medianya, cek bagaimana kelengkapan kliniknya, apakah memiliki alat untuk pemeriksaan lab. Riset online berbagai macam informasi dari akun tersebut, jika tidak ada? bisa kontak nomor yang tertera di Google tadi. Jika tidak ada juga? langsung saja datang ke kliniknya. 3. datangi dokter tersebut, lihat bagaimana dokter menjelaskan kondisi Pawkids/ANabul. Dokter yang tepat: - Ia bisa menjelaskan kondisi pet de

Pagi itu, ada Aku yang mandiri

Pagi itu,  ada semilir angin yang menemani ada sekelompok dingin yang memeluki/bersamai ada bus kota yang ku naiki ada nenek dan kakek yang kadang kala menyapa dan menanyai kabarku Pagi itu, Sangat ku rindukan Meskipun rapuh Meskipun jatuh Ada banyak hal yang membuatku bangkit kembali Pagi itu, Kadang menyenangkan Kadang menjengkelkan Kadang pula menyedihkan Tapi dia selalu jadi kenangan perasaan yang selalu teringat Tentang Aku, Kehidupanku yang Mandiri, Novi Sad dan Orang-orang di dalamnya.