Skip to main content

Perubahan Baik untuk Lebih Baik

Ini adalah kali keduaku membuat Essay. (Edisi dibuang Sayang) 


Perubahan Baik untuk Lebih Baik 
Tema: Dream, You, and Our Nation 


         “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka.” (Ar Raad : 11). Surah ini mengingatkanku pada kelebihan dan kekurangan pada diri seseorang. Tidak ada yang sempurna di dunia ini terkecuali sang Maha pencipta, Tuhan semesta alam. Bahkan orang yang terkuat sekalipun, mereka bisa menjadi lemah. Semua bergantung bagaimana seseorang dapat menyeimbangkan kelebihan dan kekurangan itu di dalam hidupnya. Sudah menjadi sebuah bukti nyata bukan sekedar omongan belaka bahwa seseorang ingin selalu dipandang baik oleh manusia lainnya. Seseorang akan melakukan segala hal untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Begitupun dengan aku, aku juga ingin mendapatkan apa yang aku inginkan. Tak banyak keinginanku, aku hanya ingin melakukan perubahan pada duniaku. Dimana duniaku yang baru akan menjadi lebih baik dari duniaku yang lama. Hal ini kulakukan demi mimpiku yang harus aku wujudkan dan senyuman orang banyak karena merasakan kehadiranku yang mereka butuhkan. Terutama senyuman dari orang tua dan keluargaku sendiri. Seperti halnya dengan tanaman yang membutuhkan air, sinar matahari dan pupuk untuk tetap bisa bertahan hidup. Bukan semata-mata ingin diperhatikan orang lain.

         Ya, aku harus berdamai dengan diriku sendiri itulah jawabannya. Dari semua pintu yang terlihat tidak ada celah lain selain berdamai dengan diriku sendiri. Aku berfikir, berfikir dan berfikir lalu memutuskannya dengan matang. Walaupun aku sadar aku bukan siapa-siapa dan sekalipun aku bukan seseorang yang sempurna. Aku hanya percaya dengan diriku sendiri. Dengan bermodalkan niat dan tekadku yang kuat, aku memulainya. Aku beranjak dari tempat dudukku yang sangat nyaman, dan segera bergegas melakukan aksi untuk menyelesaikannya. Target pertamaku dimulai dari hal yang paling sederhana seperti membuat sebuah kebiasaan untuk selalu meminum 8 gelas air putih dalam sehari. Dan ku lakukan berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

          Di bulan September, aku dipertemukan dengan BerbahagiACT Project dan bergabung sebagai berbahagiACT agent mengikuti setiap kegiatan project tersebut. Project ini sangat mendukungku dalam kegiatan perubahan baikku. Banyak hal yang aku temui selama sebulan bergabung. Aku menemukan apapun yang belum aku kenali sebelumnya. Aku merasakan kebahagiaan luar biasa karena dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain lewat berbahagiACT project. Aku benar-benar menemukan sosok diriku yang baru,“The New of Anissun”. Dimana diriku yang sekarang lebih mudah untuk membuat sebuah keputusan tepat tentang apa yang harus ku mulai dan apa yang harus ku akhiri.

         Pengalaman akan menjadi sebuah pelajaran berharga untuk mengevaluasi setiap perjalanan yang akan ku lewati berikutnya. Selama perjuanganku, ada berbagai bentuk rintangan dan tantangan yang datang silih berganti sesuka hati. Memang tidak mudah buatku untuk melewatinya. Akan tetapi ada hal yang selalu menghantui pikiranku, sebut saja My Destiny. Dia itu mimpiku, mimpi yang tidak pernah bosan memotivasiku untuk segera mewujudkannya dan mengingatkanku untuk tidak menyerah. Sampai akhirnya aku mencapai diri pada sebuah titik dimana aku ingin membangun diri lebih jauh lagi di luar batasanku. Aku ingin berkontribusi bersama mimpiku untuk negaraku Indonesia, bersama-sama bekerja sama membuat perubahan baik untuk menjadikan Indonesia Jaya. Dengan kesabaran, dan kenikmatan dalam sebuah proses perjuangan, aku pasti bisa melakukannya.

Comments

Popular posts from this blog

Klinik Hewan ini Bagus gak?

Baru sadar bahwa ... Faktanya, bukan hanya manusia, hewan juga perlu dokter yang cocok dalam pengecekan kesehatan atau pun di saat ia sedang sakit. Tidak bisa asal pilih atau sembarang ketemu "Ah disini aja deh kayanya bagus". Kucing, Anjing, Kelinci, dan sekawanannya samasama makhluk hidup. Butuh perlakuan baik untuk tumbuh dan berkembang dengan selayaknya, ada hak yang harus dipenuhi dari pemiliknya yang mengadopsi termasuk dalam memilihkan dokter untuk mereka. Dari pengalaman menyedihkan dari Toing, aku jadi lebih tau... 1. Cek ulasan di Google 2. Setelah OK, cek sosial medianya, cek bagaimana kelengkapan kliniknya, apakah memiliki alat untuk pemeriksaan lab. Riset online berbagai macam informasi dari akun tersebut, jika tidak ada? bisa kontak nomor yang tertera di Google tadi. Jika tidak ada juga? langsung saja datang ke kliniknya. 3. datangi dokter tersebut, lihat bagaimana dokter menjelaskan kondisi Pawkids/ANabul. Dokter yang tepat: - Ia bisa menjelaskan kondisi pet de

Pagi itu, ada Aku yang mandiri

Pagi itu,  ada semilir angin yang menemani ada sekelompok dingin yang memeluki/bersamai ada bus kota yang ku naiki ada nenek dan kakek yang kadang kala menyapa dan menanyai kabarku Pagi itu, Sangat ku rindukan Meskipun rapuh Meskipun jatuh Ada banyak hal yang membuatku bangkit kembali Pagi itu, Kadang menyenangkan Kadang menjengkelkan Kadang pula menyedihkan Tapi dia selalu jadi kenangan perasaan yang selalu teringat Tentang Aku, Kehidupanku yang Mandiri, Novi Sad dan Orang-orang di dalamnya.

5 Hal yang harus dilakukan ketika berada di Luar Negeri

"Daripada nyesel, mending lakuin!" - Anissun Apa tuh? Bukan kesempatan sekali dua kali yang bisa diambil ketika mendapatkan tiket murah bahkan gratis untuk ke luar negeri, butuh effort yang lebih banyak untuk membuat kesempatan itu muncul kembali. Uang dan Waktu adalah investasi terbesar kita saat itu. Dua-duanya terasa sangat mahal, terlagi soal waktu yang gak bisa didapatkan lagi di kemudian hari.  Ya! gak semua orang punya kesempatan yang sama untuk lebih mudah bolak-balik ke luar negeri sesuka hati, terlebih aku yang bukan siapa-siapa. Daripada terlalu sibuk memikirkan bagaimana indahnya jalan-jalan dengan vibes yang berbeda. Lebih baik memikirkan tujuan apa yang bakal kamu raih disana.  Liburan terbaik menurutku bukan sekedar liburan yang membawa kesenangan saja. Namun, ada beberapa bagian yang bisa kita pelajari dan ambil hikmahnya terutama dari perbedaan budaya yang tentunya bertolak belakang dengan tempat asal kita. Anggap saja kamu sedang ikut kelas yang dikemas