Skip to main content

(Chapter III) Beasiswa World in Serbia

Chapter ini adalah chapter akhir dari beasiswa, pemaparan tahapan awal dan akhir beasiswa secara detail yang biasa ditanyakan melalui email, facebook maupun instagram. Yang belum baca chapter sebelumnya bisa klik disini (chapter 0chapter I dan chapter II).

Jangan sedih yaaa karena ini adalah chapter terakhir tentang beasiswa.
Insya Allah masih banyak cerita yang ingin diceritakan, misal tentang travelling di kota-kota di Serbia (perjalanan luar kota) dan cerita lainnya.

Kemarin waktu isi acara ngabuburit online, ada satu pertanyaan yang menurutku paling menarik, seseorang bertanya tentang keunggulan Beasiswa Serbia dari Beasiswa negara lain. Dan aku sendiri tidak begitu puas dengan jawaban yang aku lontarkan. Untuk mengobati rasa yang tidak mengenakan itu, aku akan mencoba mengungkapkan pendapatku disini. Keistimewaan dari Beasiswa Serbia yang aku rasakan sejauh ini adalah para penerima beasiswa dibebaskan untuk memilih sendiri universitas dan jurusan yang mereka inginkan, lalu yang kedua jika ada dari mereka yang sakit, pihak beasiswa akan memberikan perawatan gratis seperti konsultasi dan pemeriksaan ke dokter.

Sangat disayangkan beasiswa Serbia ini belum banyak diketahui orang seperti beasiswa Turki. Bahkan orang-orang di Indonesia pun banyak yang belum tahu dimana negara Serbia ini, ada yang bilang Siberia, Rusia atau terkenal dengan negara perang :'). Alhamdulillah selama tinggal di Serbia aku merasa lebih aman dibanding di Indonesia sendiri.
Untuk informasi singkatnya, Serbia ini terletak di benua Eropa bagian tenggara, negara eks Yugslavia yang letaknya dekat dengan negara Romania, Hungaria, Bulgaria, Turki dan negara Eropa lainnya.
Saran dariku sebelum mengikuti beasiswa mana pun, kalian harus riset kecil-kecil an terlebih dahulu tentang negara yang akan menjadi tujuan kalian. Informasi yang kalian dapatkan mengenai negara tersebut, akan memberikan manfaat tersendiri untuk diri kalian.
Tak kenal maka Tak sayang, bukan? Kalau Tak kenal maka kenalan. Kalimat ini juga berlaku untuk beasiswa. Kehidupan jauh dari negara sendiri lebih lebih 'sesuatu' perjuangannya. Hehe Semoga kalian mengerti apa yang aku maksudkan :).

Yuk mari~
Kita langsung ke topik utama yaitu perjalanan beasiswa World in Serbia dari Tahapan A sampai Z.
Lalalalala~

Tahapan A:
Di tahapan ini, seperti beasiswa lainnya "Mari kita persiapkan semua berkas sesuai dengan persyaratan, formulirnya juga harus diisi". Setelah semuanya siap, jangan lupa untuk dikirimkan langsung ke kedutaan besar Serbia di Jakarta. Terserah kamu mau bagaimana cara pengirimannya, boleh kamu sendiri yang datang kesana, boleh minta tolong sanak keluarga atau teman untuk mengantarkan berkasnya kesana, atau seperti caraku yang menggunakan jasa Go-Jek haha. Maklum itu ide terakhir yang terpikirkan, karena aku sudah kesiangan dan pastinya Jakarta sudah sangat padat. Pokoknya kalau bukan lewat kamu sendiri yang datang kesana, pastikan berkas-berkasmu ada di tangan mereka.

Tahapan B:
Sudah kirim berkas? langsung menuju tahap selanjutnya. Menunggu pengumuman yang entah kapan diumumkan. Harus sabar dan optimistic. Karena tidak ada tanggal pasti kapan akan diumumkan kelulusan berkasnya. Waktu itu seingatku sekitar 2-3 bulanan baru ada pengumuman. Pengumuman akan diumumkan langsung di website Kedubes Serbia http://www.jakarta.mfa.gov.rs/, bukan lewat email kita.
Yang melihat pengumuman kelulusanku bukan aku sendiri, tapi abangku "Kak Fajar" haha Dia sangat sabar dan optimistic menunggu pengumuman beasiswa ini. Dan akhirnya dia diterima di Rusia (loh?).

Di tahun 2016 kemarin, ada 11 orang yang lulus. Saya tidak tahu bagaimana proses penyeleksian yang mereka lakukan, yang saya tahu melalui via telpon dengan Kak Benny (awardee beasiswa Serbia yang bekerja disana) katanya berkas yang masuk akan disscan dan dikirimkan ke kementerian di Serbia.

Berdoa dan Usaha terbaik dari diri kalian sendiri.

Jangan lupa, beritahu berita bahagia ini kepada orang tua dan orang-orang dekat kalian. Doa mereka dan ridho mereka sangat penting buat kalian.

Tahapan C:
Setelah dinyatakan lulus, kamu harus siap mengikuti kelas bahasa online selama 3 bulan yaitu bahasa Serbia level A1. Dimana tempatnya? Mereka akan memberitahukan kepada kalian lewat email, dan mereka juga yang akan membuatkan akunnya (passwordnya bisa kamu ganti). 8 orang dari kami mengikuti kelas online di University of Novi Sad dan 3 orangnya lagi di University of Belgrade. Sistem kelasnya sama yaitu pembagian materi di awal minggu, konsultasi dengan profesor di tengah minggu, dan ujian mingguan di akhir minggu, bedanya hanya pada bentuk pemaparan materi dan ada atau tidaknya konsultasi tatap muka.
Oh iya angkatanku ini angkatan pertama yang melalui tahap ini, sebelumnya biasanya setelah kelulusan berkas, mereka langsung diamanatkan untuk datang ke Serbia mengikuti kelas bahasa offline.
Nilai kelulusan bahasa Serbia di University of Novi Sad 55 dan di University of Belgrade 60.
Saranku ketika mengikuti kelas bahasa online ini, berusahalah untuk fokus dan serius dalam belajar. Karena ini yang akan menjadi dasar buat kalian ketika berada di Serbia. Tidak penting jika nilai kalian tinggi, tetapi pemahaman kalian 0.

Dalam jangka waktu tiga bulan ini, sambil mengikuti kelas online jangan lupa sekalian mencari sponsor untuk tiket pesawat yang tidak tercover oleh beasiswa.

Tahapan D:
Pada tahap ini, aku bingung bagaimana cara menjelaskannya. Karena di tahap ini sangatlah aneh, dimana pemberitahuan tanggal kedatangan ke Serbia diberitahukan secara tidak kompak. Kami pun yang lulus bahasa Serbia online kebingungan dan bertanya-tanya.
University of Novi Sad sudah mengumumkan tanggalnya sebelum selesai ujian final bahasa, dan University of Belgade belum mengumumkan tanggalnya karena menunggu amanat dari kementerian. Haha
Intinya di tahap ini, setelah kalian lulus bahasa online, kalian harus datang ke Serbia untuk mengikuti kelas bahasa lanjutan yaitu level A2 dan B1. Kalau telat datang gapapa, tetapi kalian yang akan rugi sendiri karena ketinggalan beberapa materi dan harus belajar sendiri materi yang tertinggal.

Tahapan E:
Kelas bahasa Serbia lanjutan di Serbia ini berlangsung selama 6 bulan, dengan 2/2,5 bulan A2 dan 2/2,5 bulan lagi B1. Semua student diharuskan lulus A2 atau B1 sebagai persyaratan kuliah dengan bahasa pengantar Serbia. Jika dua-duanya tidak lulus (amit-amit, naudzubillah), mereka tidak berhak untuk menerima beasiswa World in Serbia (lagi) dan diharuskan balik/pulang ke negaranya masing-masing.
Kelas bahasa Serbia yang ini menjadi semakin penting untuk kamu karena kamu sudah tinggal di Serbia, yang membiasakan kamu menggunakan bahasanya, ya walaupun tidak sedikit orang Serbia yang bisa bahasa Inggris.

Selama kelas bahasa offline, kami tinggal di hotel Studentsko Odmaralište yang letaknya di Avala, lumayan jauh dari kota, yang bisa ditempuh 1-2 jam dengan autobus/tramvay (angkutan umum Serbia). Pemandangan disini indah, tetapi terkadang bisa membuat kalian bosan kalau kalian tidak hidup dengan kreatif Haha (kaya aku yang suka bosan). Setelah selesai kelas bahasa, kami akan pindah ke asrama.

langsung pada tahapan akhir, Tahapan Z:
Kami yang dinyatakan lulus A2 atau B1, pada bulan September diharuskan mengurus segala halnya sendiri terkait pendaftaran kuliah ke universitas yang dituju.
Aku sendiri sudah mengurus semuanya di bulan Juni 2017 seperti pendaftaran kuliah dan tes masuk universitas, dan Juli 2017 ini aku harus balik lagi ke universitas untuk melakukan pendaftaran ulang.

Universitas yang tercover beasiswa World in Serbia ini ada 3, yaitu:
University of Belgrade
University of Novi Sad, dan
University of NIŠ

Begitulah semua tahapannya. Selanjutnya ... Selamat kuliah dengan bahasa Serbia! Dan Nikmatilah kehidupan mahasiswa di Serbia! HIHI

Dariku untuk yang masih mencari tips atau trick diterimanya beasiswa. Menurutku, semuanya pure bergantung dari diri kalian sendiri.
Beasiswa itu juga Jodoh, dan Jodoh itu adalah cerminan diri.

Sekian chapter Beasiswa World in Serbia.

Salam Semangat dari Serbia ❤.
Yang sedang rindu Indonesia,

Anis Sundari
01 Juli 2017, 13:50 CET

NB: Kalau beasiswa World in Serbia buka tahun ini, boleh diskusi bareng aku, kita buat grup.



Comments

  1. Boleh dong kaka dibuat grupnya hihihi

    ReplyDelete
  2. assalamu'alaikum, kak
    denger2 dari kakak2 KERIS, beasiswa dari pemerintah serbia mau dibuka tahun ini ya, kak?
    mohon infonya
    Syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam dek :)
      kalau tahun ini tidak buka, mungkin tahun depan akan buka :) (positive thinking) ditunggu kabarnya aja dek di Indonesianya.

      Delete
    2. ka, boleh minta contoh CV-nya gak?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Klinik Hewan ini Bagus gak?

Baru sadar bahwa ... Faktanya, bukan hanya manusia, hewan juga perlu dokter yang cocok dalam pengecekan kesehatan atau pun di saat ia sedang sakit. Tidak bisa asal pilih atau sembarang ketemu "Ah disini aja deh kayanya bagus". Kucing, Anjing, Kelinci, dan sekawanannya samasama makhluk hidup. Butuh perlakuan baik untuk tumbuh dan berkembang dengan selayaknya, ada hak yang harus dipenuhi dari pemiliknya yang mengadopsi termasuk dalam memilihkan dokter untuk mereka. Dari pengalaman menyedihkan dari Toing, aku jadi lebih tau... 1. Cek ulasan di Google 2. Setelah OK, cek sosial medianya, cek bagaimana kelengkapan kliniknya, apakah memiliki alat untuk pemeriksaan lab. Riset online berbagai macam informasi dari akun tersebut, jika tidak ada? bisa kontak nomor yang tertera di Google tadi. Jika tidak ada juga? langsung saja datang ke kliniknya. 3. datangi dokter tersebut, lihat bagaimana dokter menjelaskan kondisi Pawkids/ANabul. Dokter yang tepat: - Ia bisa menjelaskan kondisi pet de

Pagi itu, ada Aku yang mandiri

Pagi itu,  ada semilir angin yang menemani ada sekelompok dingin yang memeluki/bersamai ada bus kota yang ku naiki ada nenek dan kakek yang kadang kala menyapa dan menanyai kabarku Pagi itu, Sangat ku rindukan Meskipun rapuh Meskipun jatuh Ada banyak hal yang membuatku bangkit kembali Pagi itu, Kadang menyenangkan Kadang menjengkelkan Kadang pula menyedihkan Tapi dia selalu jadi kenangan perasaan yang selalu teringat Tentang Aku, Kehidupanku yang Mandiri, Novi Sad dan Orang-orang di dalamnya.

5 Hal yang harus dilakukan ketika berada di Luar Negeri

"Daripada nyesel, mending lakuin!" - Anissun Apa tuh? Bukan kesempatan sekali dua kali yang bisa diambil ketika mendapatkan tiket murah bahkan gratis untuk ke luar negeri, butuh effort yang lebih banyak untuk membuat kesempatan itu muncul kembali. Uang dan Waktu adalah investasi terbesar kita saat itu. Dua-duanya terasa sangat mahal, terlagi soal waktu yang gak bisa didapatkan lagi di kemudian hari.  Ya! gak semua orang punya kesempatan yang sama untuk lebih mudah bolak-balik ke luar negeri sesuka hati, terlebih aku yang bukan siapa-siapa. Daripada terlalu sibuk memikirkan bagaimana indahnya jalan-jalan dengan vibes yang berbeda. Lebih baik memikirkan tujuan apa yang bakal kamu raih disana.  Liburan terbaik menurutku bukan sekedar liburan yang membawa kesenangan saja. Namun, ada beberapa bagian yang bisa kita pelajari dan ambil hikmahnya terutama dari perbedaan budaya yang tentunya bertolak belakang dengan tempat asal kita. Anggap saja kamu sedang ikut kelas yang dikemas